Selasa, 01 November 2011

Gigitan Serangga


PENGERTIAN

Gigitan serangga adalah gigitan yang diakibatkan karena serangga yang menyengat atau menggigit seseorang.
        







  
  TANDA / GEJALA DIAGNOSTIK

1. Gigitan semut pada umumnya menimbulkan rasa sakit dan kemerahan pada kulit serta mendatangkan reaksi alergi.
2. Gigitan laba-laba menimbulkan rasa nyeri dan gatal saat tersengat. 3. Sengatan lebah menimbulkan perasaan panas dan nyeri.
           
            PROGNOSA

       gigitan serangga sebenarnya baik, tapi tergantung jenis serangga serta racun yang dimasukkannya ke dalam tubuh manusia. Dan apabila terjadi syok maka prognosisnya bergantung dari penangan yang cepat dan tepat.

PERAWATAN
  1. Sengatan lebah jangan dicabut karena racunnya dapat terdorong ke dalam kulit. Lakukan pemijatan di sekitar daerah yang tersengat agar sengat beracun yang menancap di kulit dapat dikeluarkan.
  2. Untuk mengurangi nyeri, kompres dengan air es.
  3. Untuk mencegah reaksi alergi, beri pil antihistamin.

PENCEGAHAN

  1. Coba hindarkan pakaian yang berwarna cerah dan minyak wangi yang berwangi sangat kuat karena dapat lebih menarik perhatian serangga.
  2. Gunakan obat pengusir serangga seperti obat nyamuk bakar, krim kulit pengusir serangga, serta mungkin alat elektronik listrik yang dapat membunuh serangga. Perlu diingat bahwa Kita harus mengetahui kadar kadar bahan yang berada di dalam berbagai macam obat nyamuk tersebut.
  3. Gunakan pakaian lengan panjang, celana panjang dan kaos kaki untuk menutup area badan kita.
  4. Rapikan dan cek berkala barang-barang Anda yang jarang dibersihkan dan bereskan di tempat yang penyimpanan yang sesuai.

  1. Jika Anda mempunyai hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, mandikan dan bersihkan mereka agar tidak menjadi tempat berkumpulnya serangga.
  2. Tanamkan bunga Lavender di teras rumah Anda, sedikit bisa mengurangi serangga untuk masuk ke dalam rumah Anda terutama nyamuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar